COMPANY PROFILE LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR BILINGUAL
“Bilingual Guidance Learning”
Tugas Ini
Dibuat Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan Dalam Pendidikan
Dosen Pengampu:
Dr. Suyadi, M. Pd. I
Oleh:
Putri
Sari Pratiwi (13410023)
JURUSAN PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM
FAKULTAS
ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2015
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Pendirian Lembaga
Penguasaan Bahasa Inggris di kalangan pelajar yang sangat minim,
meskipun sudah mengambil kursus Bahasa Inggris tetapi masih kesulitan memahami
Bahasa Inggris. Hal itu dikarenakan masih kurangnya kebiasaan mereka dalam
berinteraksi dengan hal-hal yang berbau Bahasa Inggris. Karena pada umumnya
mereka hanya mempelajari Bahasa Inggris di saat mata pelajaran Bahasa Inggris.
Setelah itu tidak akan lagi berinteraksi dengan Bahasa Inggris tersebut. Hal
itu yang menyebabkan mereka masih mengalami kesulitan. Padahal Bahasa Inggris
itu harus diaplikasikan dalam seluruh aspek kehidupan untuk membuat Bahasa
Inggris itu melekat di dalam diri. Oleh karena itu, kami menawarkan sebuah
solusi untuk hal itu, yakni sebuah lembaga bimbingan belajar yang menerapkan
sistem bilingual. Jadi, setiap mata pelajaran yang kami ajarkan kepada siswa
menggunakan dua bahasa campuran yakni Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Hal
itu dimaksudkan untuk membiasakan mereka agar selalu berinteraksi dengan Bahasa
Inggris. Dengan tujuan agar kemampuan siswa tidak hanya dapat memahami mata
pelajaran yang diajarkan di kelas tetapi juga mampu meningkatkan kualitas
pemahaman Bahasa Inggris mereka. Hal ini sangat diperlukan ke depan agar
generasi muda kita siap bersaing di dunia Internasional.
B.
Rimusan Masalah Pendirian Lembaga
1.
Bagaimana
logo dalam lembaga ini?
2.
Apa
visi dan misi dalam mendirikan lembaga bimbingan belajar bilingual?
3.
Apa
profil pendirian lembaga?
4.
Bagaimana
mekanisme perusahaan dalam mendirikan lembaga?
5.
Bagaimana
fasilitas lembaga ini?
6.
Siapa
yang menjadi sasaran dari lembaga ini?
7.
Bagaimana
program bimbingan dari lembaga ini?
8.
Bagaimana
rincian biaya masuk lembaga ini?
9.
Bagaimana
manajemen resikonya untuk mendapat sebuah solusi?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Logo
Lembaga Bimbingan Belajar
B.
Visi
dan Misi Lembaga Bimbingan Belajar
1.
VISI:
·
Menjadi
lembaga yang menghasilkan lulusan yang pandai dan mahir Berbahasa Inggris.
·
Mewujudkan
lulusan yang mampu bersaing secara nasional maupun internasional.
2.
MISI:
·
Membiasakan
lingkungan lembaga dengan Bahasa Inggris.
·
Menciptakan
suasana belajar dan lingkungan belajar yang kondusif, aktif, inovatif dan
kreatif.
C.
Profil
Lembaga Bimbingan Belajar
1.
Nama
Lembaga
Lembaga Bimbingan Belajar “Bilingual Guidance Learning”
2.
Cabang
Lembaga
Lembaga bimbingan belajar ini rencananya akan diperbanyak jumlah
cabangnya di wilayah Yogyakarta. Namun untuk mulanya di sekitar wilayah
kaupaten Kulon Progo.
3.
Riwayat
Singkat Pemilik
Nama pemilik adalah Putri Sari Pratiwi, S.Pd.I, lulusan dari
perguruan tinggi islam negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta jurusan Pendidikan
Agama Islam. Berdomisili di Kulon Progo tepatnya Secang RT 29, RW 16,
Sendangsari, Pengasih.
4.
Status
Hukum Lembaga
Lembaga bimbingan belajar ini didirikan atas izin resmi dari
lembaga yang berwenang.
5.
Aktivitas
Lembaga
Lembaga ini bergerak dalam bidang pendidikan yakni dalam
pengembangan kemampuan berbahasa Inggris.
6.
Aspek
Pemasaran
a.
Target
di masyarakat:
Untuk pelajar tingkat SD, SMP, SMA/SMK.
b.
Matrikulasi
Program
c.
Harga
Pemasaran
D.
Aspek
Manajemen
1.
Bagan
Organisasi
E. Fasilitas Lembaga
1.
Tempat Belajar
·
Menggunakan ruangan yang berukuran 3m x 3m
untuk 4-6 siswa.
·
Terdapat meja kecil untuk tiap-tiap siswa.
·
Dapat belajar di luar ruangan (taman, teras,
dll)
2.
Kipas angin
·
Tersedia kipas angin dalam setiap ruangan.
3.
Papan Tulis
4.
Media pembelajaran dengan IT (Laptop, Tv)
5.
Kantin
6.
Ruang Resepsionis
7.
Toilet
8.
Mushola
F. Sasaran Lembaga Bimbingan Belajar
1.
Siswa SD Kelas 3-5
2.
Siswa SD Kelas 6
3.
Siswa SMP 7-8
4.
Siswa SMP Kelas 9
5.
Siswa SMA IPA Kelas 10
6.
Siswa SMA IPA Kelas 11
7.
Siswa SMA IPA Kelas 12
8.
Siswa SMA IPS Kelas 10
9.
Siswa SMA IPS Kelas 11
10.
Siswa SMA IPS Kelas 12
G. Program Lembaga Bimbingan Belajar
1.
Tingkat Sekolah Dasar Kelas 3-5
TARGET PROGRAM
·
Sukses Ulangan Harian
·
Sukses Tes
Semester
·
Peningkatan prestasi
akademik di sekolah
MATA PELAJARAN
·
Bhs Indonesia
·
Matematika
·
IPA
·
IPS
·
Bahasa Inggris
SARANA BELAJAR
·
Modul untuk setiap mata pelajaran
2. Tingkat
Sekolah Dasar Kelas 6
TARGET PROGRAM
·
Sukses Ulangan Harian
·
Sukses Tes
Semester
·
Sukses UN
MATA PELAJARAN
·
Bhs Indonesia
·
Matematika
·
IPA
·
IPS
·
Bahasa Inggris
SARANA BELAJAR
·
Moduluntuk setiap mata pelajaran
·
Buku latihan soal-soal UN
3. Tingkat
Sekolah Menengah Pertama Kelas 7-8
TARGET PROGRAM
·
Sukses Ulangan Harian
·
Sukses Tes
Semester
·
Peningkatan prestasi
akademik di sekolah
MATA PELAJARAN
·
Matematika
·
Bhs. Inggris
·
Bhs. Indonesia
·
IPS
·
IPA
SARANA BELAJAR
·
Moduluntuk setiap mata pelajaran
4. Tingkat
Sekolah Menengah Pertama Kelas 9
TARGET PROGRAM
·
Sukses Ulangan Harian
·
Sukses Tes
Semester
·
Sukses UN
MATA PELAJARAN
·
Matematika
·
Bhs. Indonesia
·
Bhs. Inggris
·
IPA
·
IPS
SARANA BELAJAR
·
Modul untuk setiap mata pelajaran
·
Paket Prediksi
UAS & UN
5. Tingkat
Sekolah Menengah Atas IPA Kelas 10
TARGET PROGRAM
·
Sukses Ulangan Harian.
·
Sukses Ujian
Semester.
·
Peningkatan prestasi
akademik di sekolah
MATA PELAJARAN
·
Bahasa
Indonesia.
·
Matematika.
·
IPA.
·
IPS.
·
BahasaInggris.
SARANA BELAJAR
·
Modul untuk setiap mata pelajaran
6. Tingkat
Sekolah Menengah Atas IPA Kelas 11
TARGET PROGRAM
·
Sukses Ulangan Harian
·
Sukses Tes
Semester
·
Peningkatan prestasi
akademik di sekolah
MATA PELAJARAN
·
Matematika
·
Biologi
·
Fisika
·
Kimia
·
Bhs. Inggris
·
Bhs. Indonesia
SARANA BELAJAR
·
Modul untuk setiap mata pelajaran
·
Kelas dengan bilingual (indo-inggris)
7. Tingkat
Sekolah Menengah Atas IPA Kelas 12
TARGET PROGRAM
·
Sukses Ulangan Harian
·
Sukses Tes
Semester
·
Sukses UN
·
Sukses SBMPTN
(diterima di Perguruan Tinggi Favorit)
MATA PELAJARAN
·
Matematika
·
IPA
·
Bhs. Indonesia
·
Bhs. Inggris
·
Fisika
·
Biologi
·
Kimia
·
Matematika Dasar
·
Pend.
Kewarganegaraan
SARANA BELAJAR
·
Panduan Belajar
·
Paket Pengayaan
Smart
8. Tingkat
Sekolah Menengah Atas IPS Kelas 10
TARGET PROGRAM
·
Sukses Ulangan Harian
·
Sukses Tes
Semester
·
Peningkatan prestasi
akademik di sekolah
MATA PELAJARAN
·
Matematika Wajib
·
Bhs. Indonesia
·
Bhs. Inggris
·
Ekonomi
·
Sejarah
·
Geografi
·
Sosiologi
SARANA BELAJAR
·
Panduan Belajar
·
Paket Pengayaan
Smart
9. Tingkat
Sekolah Menengah Atas IPS Kelas 11
TARGET PROGRAM
·
Sukses Ulangan Harian
·
Sukses Tes
Semester
·
Peningkatan prestasi
akademik di sekolah
MATA PELAJARAN
·
Matematika Wajib
·
Bhs. Indonesia
·
Bhs. Inggris
·
Ekonomi
·
Sejarah
·
Geografi
·
Sosiologi
SARANA BELAJAR
·
Panduan Belajar
·
Paket Pengayaan
Smart
10. Tingkat
Sekolah Menengah Atas IPS Kelas 12
TARGET PROGRAM
·
Sukses Ulangan Harian
·
Sukses Tes
Semester
·
Sukses UN
·
Sukses SBMPTN
(diterima di Perguruan Tinggi Favorit
MATA PELAJARAN
·
Matematika
·
IPS
·
Bhs. Indonesia
·
Bhs. Inggris
·
Geografi
·
Ekonomi
·
Sejarah
·
Sosiologi
·
Matematika Dasar
·
Pend.
Kewarganegaraan
SARANA BELAJAR
·
Panduan Belajar
·
Paket Pengayaan
Smart
H.
Rincian Biaya Masuk
No
|
Kategori
|
Paket per Bulan
|
Perorangan
|
Kelompok
|
1.
|
SD
Kelas 3-5
|
12x
|
Rp
400.000
|
Rp 280.000
|
2.
|
SD Kelas 6
|
12x
|
Rp
500.000
|
Rp 380.000
|
3.
|
SMP Kelas 7-8
|
12x
|
Rp
700.000
|
Rp 580.000
|
4.
|
SMP Kelas 9
|
12x
|
Rp
800.000
|
Rp 680.000
|
5.
|
SMA
IPA Kelas 10
|
12x
|
Rp
1.000.000
|
Rp 880.000
|
6.
|
SMA
IPA Kelas 11
|
12x
|
Rp
1.100.000
|
Rp 980.000
|
7.
|
SMA IPA Kelas 12
|
12x
|
Rp
1.200.000
|
Rp 1.080.000
|
8.
|
SMA IPS Kelas 10
|
12x
|
Rp
1.000.000
|
Rp 880.000
|
9.
|
SMA IPS Kelas 11
|
12x
|
Rp
1.100.000
|
Rp 980.000
|
10.
|
SMA IPS Kelas 12
|
12x
|
Rp
1.200.000
|
Rp 1.080.000
|
I.
Manajemen Resiko
1.
Apabila ada
siswa yang telat membayar, maka segera dilakukan teguran terhadap orang tua/
wali siswa. Setiap bulannya diberikan kartu tagihan pembayaran di awal bulan.
2. Apabila
ada kerusakan fasilitas di lembaga, maka ada biaya yang disisihkan dari hasil
para tentor sebesar 10% tiap bulan.
3. Apabila
ada tentor yang berhalangan hadir, akan segera dicarikan tentor pengganti
sehingga siswa tetap dapat belajar sesuai dengan jadwalnya.
4. Apabila
ada siswa yang sakit diperbolehkan izin dan dapat diganti pada hari lain sesuai
dengan kesepakatan. Akan tetapi wajib ada pemberitahuan sebelumnya tidak boleh
mendadak.
5. Apabila
bimbingan belajar ini belum dikenal masyarakat, maka akan kami tunjukkan
prestasi-prestasi dari siswa-siswa lulusan lembaga ini. Selain itu juga
dilakukan try out soal UTS dan UAS serta latihan UN untuk masyarakat secara
terbuka.
6. Apabila
siswa padat jadwal, lembaga kami memiliki tentor yang flexible dalam mengatur
jadwal sehingga dapat menyesuaikan sesuai kebutuhan.
bimbel atau bimbingan belajar diharapkan untuk murid dapat belajar lebih mendalam dengan mata pelajaran pilihan kesukaan mereka karena tidak semua murid langsung mengerti saat pengenalan mata pelajaran baru maupun lanjutan semoga dengan adanya bimbel di berbagai daerah dapat membantu murid Belajar Bahasa Inggris lebih baik
BalasHapus