RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Sukses Dua
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Semester : VII/Ganjil
Tema/ Subtema : Semua Bersih
Hidup jadi Nyaman / Tayamum
Alokasi Waktu : 1 pertemuan ( 1 x 20 menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI.I Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya terkait fenomena
dan kejadian yang tampak mata
KI.4 Mencoba, mengolah, dan menyaji, dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis,
membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.4 Menerapkan ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas
besar berdasarkan
syariat Islam
3.8 Memahami ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas
besar
4.8 Mempraktikkan tata cara
bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
C. Indikator Pencapaian
1. Siswa dapat menyebutkan pengertian dari tayamum.
2. Siswa dapat mengklasifikasi syarat, rukun, dan hal-hal yang
membatalkan tayamum.
3. Siswa dapat mempraktikan tata cara bertayamum.
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan metode
kata berekor siswa dapat menyebutkan pengertian dari tayamum.
2.
Dengan metode pohon berbuah siswa dapat
mengklasifikasikan syarat, rukun, dan hal-hal yang membatalkan tayamum.
3.
Dengan metode
bernyanyi siswa
dapat mempraktikan tata cara bertayamum.
D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian dan landasan tayamum.
2. Hal-hal yang membolehkan seseorang bertayamum.
3. Hal-hal yang membatalkan tayamum.
4. Tata cara bertayamum.
E. Metode Pembelajaran
1. Metode ceramah
2. Metode tanya jawab
3. Metode CTL
F. Media Pembelajaran
1. Media
a.
Presentasi Power
Point
b.
Video
pembelajaran
2. Alat
a.
Laptop
b.
LCD Projector
G. Sumber Belajar
1.
Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII
2. Fiqh
Islam
3.
Fiqh Sunnah
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan (5 menit)
a. Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a
bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan tujuan atau
kompetensi dasar yang akan dicapai.
- Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan materi pelajaran.
2.
Inti (10 menit)
a.
Mengamati
1)
Guru
menampilkan video pembelajaran tayamum.
2)
Siswa
menyimak video video pembelajaran tayamum.
b.
Menanya
1)
Guru
memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan pengertian tayamum.
2)
Pertanyaan
tersebut dijawab dengan satu kata saja oleh tiap siswa.
3)
Tiap
kata yang diucapkan siswa ditulis di papan tulis dan dirangkai menjadi
pengertian tayamum secara lengkap.
c.
Eksperimen/
Explore
1)
Siswa
mengidentifikasi syarat-syarat diperbolehkannya tayamum, hal-hal yang dapat
membatalkan tayamum, dan rukun tayamum.
2)
Hasil
identifikasi ditempelkan pada papan yang sudah disediakan.
d.
Assosiasi
1)
Guru
dan siswa bersama-sama mengoreksi hasil identifikasi.
e.
Komunikasi
1)
Guru
mengajak siswa bernyanyi sebuah lagu tentang rukun tayamum dan siswa megikuti.
2)
Guru
memberikan hadiah kepada siswa yang mampu mencapai tujuan pembelajaran.
3)
Dengan
bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman
belajar yang telah dilakukan.
3.
Penutup (5 menit)
a.
Guru
bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
b.
Guru
memberikan pertanyaan berkaitan dengan materi yang telah diajarkan.
c.
Guru
menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
d.
Guru
bersama-sama siswa menutup pembelajaran dengan membaca hamdalah, dan
mengucap salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
I. Penilaian
1.
Sikap spiritual
a. Teknik Penilaian :
Penilaian diri
b. Bentuk Instrumen :
Lembar penilaian diri
c. Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
|
Meyakini
bahwa melakukan ibadah (sholat) harus dalam keadaan suci.
|
Terlampir
|
|
Meyakini bahwa tayamum adalah salah satu cara untuk
bersuci dari hadast kecil.
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
2.
Sikap sosial
a. Teknik Penilaian : Penilaian
antar teman
b. Bentuk Instrumen :
Lembar penilaian
c. Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
|
Suka
berpenampilan rapi dan bersih.
|
Terlampir
|
|
Suka membuang
sampah pada tempatnya.
|
Terlampir
|
|
Rajin
mengerjakan piket kelas.
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
3.
Pengetahuan
a. Teknik Penilaian : Tes
tertulis
b. Bentuk Instrumen : Uraian
singkat
c. Kisi-kisi :
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
1.
Menyebutkan
pengertian tayamum.
|
Terlampir
|
2.
Menyebutkan
syarat diperbolehkannya bertayamum.
|
Terlampir
|
3.
Menyebutkan
hal-hal yang dapat membatalkan tayamum.
|
Terlampir
|
4.
Menjelaskan
rukun tayamum.
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
4.
Keterampilan
a. Teknik Penilaian :
Performance
b. Bentuk Instrumen :
Praktik
c. Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir
Instrumen
|
|
Dapat
mempraktikkan tata cara bertayamum.
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
Yogyakarta,
11 September 2015
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah PAI dan Budi Pekerti
Zubas Muchlis Roofi’ul ‘Alam Putri Sari Pratiwi
NIP. 13410022 NIP. 13410023
Lampiran 1 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap
Spiritual)
Nama Siswa
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
VII / Ganjil
|
|||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaian
diri
|
|||||||||
Penilai
|
:
|
Siswa yang bersangkutan
|
|||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
Sangat Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak Setuju
|
||||||||
1
|
Melakukan ibadah (sholat) harus dalam keadaan
suci
|
|
|
|
|
|
|||||
2
|
Tayamum adalah salah satu cara bersuci dari
hadast kecil
|
|
|
|
|
|
|||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------------- X 100
= ---------
Skormaksimal
|
|
|
|||||||
CATATAN:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
|||||||||||
……………………., Tanggal :
……..……...
Siswa yang bersangkutan
(……………………………………………….)
Lampiran 2 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Siswa
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
VII / Ganjil
|
|||||||||
TeknikPenilaian
Penilai
|
:
:
|
Penilaian
antar teman
Teman sekelas
|
|||||||||
Petunjuk:
a.
Dibuat kelompok dengan anggota
masing-masing 5 – 10 orang
b. Tiap-tiap
kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c.
Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap Peserta
didik
|
|||||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
Selalu
|
Sering
|
Kadang-
kadang
|
Tidak Pernah
|
||||||||
1
|
Suka berpenampilan rapi dan bersih.
|
|
|
|
|
|
|||||
2
|
Suka membuang sampah pada tempatnya.
|
|
|
|
|
|
|||||
3
|
Rajin mengerjakan piket kelas.
|
|
|
|
|
|
|||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak pernah
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------------- X 100
= ---------
Skormaksimal
|
|
|
|||||||
CATATAN:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
|||||||||||
……………………., Tanggal :
……..……...
Ketua kelompok
(……………………………………………….)
Lampiran 3 : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
Nama Siswa
Kelas / Semester
|
:
:
|
……………………………………….
VII / Ganjil
|
KompetensiDasar
|
:
|
3.8 Memahami ketentuan bersuci dari hadas
kecil dan hadas besar
|
Indikator
|
:
|
1. Siswa dapat menyebutkan pengertian dari
tayamum.
2. Siswa dapat mengklasifikasi syarat,
rukun, dan hal-hal yang membatalkan tayamum.
|
TeknikPenilaian
|
:
|
Tertulis
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
SOAL URAIAN
1.
Sebutkan
pengertian tayamum!
2.
Sebutkan
syarat-syarat diperbolehkannya bertayamum!
3.
Sebutkan
hal-hal yang dapat membatalkan tayamum!
4.
Sebut
dan jelaskan rukun bertayamum!
KUNCI JAWABAN
1. Tayamum adalah pengganti wudhu atau mandi wajib. Tayamum dilakukan dengan menggunakan sarana debu
yang suci. Debu ini digunakan sebagai pengganti air.
2. Syarat-syarat diperbolehkannya tayamum, antara lain:
a. Tidak
ada air dan telah berusaha mencarinya.
b.
Berhalangan menggunakan air, misalnya karena sakit.
c.
Telah masuk waktu sholat.
3.
Hal-hal yang dapat
membatalkan tayamum, antara lain:
a.
Keluar
sesuatu dari qubul (kemaluan) dan dubur,
b.
Hilang
akal (contoh tidur),
c.
Bersentuhan
kulit antara laki-laki dan perempuan yang bukan mukhrim, dan
d.
Menyentuh
qubul (kemaluan) dan dubur dengan telapak tangan.
4.
Rukun
bertayamum:
a.
Niat
(untuk dibolehkan mengerjakan sholat):
“Aku
niat bertayamum untuk
dapat mengerjakan şalat, fardu
karena Allah ta’ala”.
b.
Mengusap muka dengan tanah (debu yang suci);
c.
Mengusap dua tangan kanan hingga siku-siku dengan debu;
d.
Mengusap dua tangan kiri hingga siku-siku dengan debu;
Rubik penilaian
No Soal
|
Rubik
Penilaian
|
Skor
|
1.
|
a.
Jika peserta didik dapat menuliskan pengertian tayamum dengan
sangat
lengkap dan sempurna, skor 20.
b.
Jika peserta didik dapat menuliskan pengertian tayamum dengan
tidak lengkap, skor 10.
|
20
|
2.
|
a.
Jika peserta didik dapat menuliskan syarat-syarat diperbolehkannya tayamum
dengan sangat lengkap dan sempurna, skor 20.
b.
Jika peserta didik dapat menuliskan syarat-syarat diperbolehkannya tayamum
dengan tidak lengkap, skor 10.
|
20
|
3.
|
a.
Jika peserta didik dapat menuliskan empat hal yang dapat membatalkan tayamum,
skor 30.
b.
Jika peserta didik dapat menuliskan tiga hal yang dapat membatalkan tayamum,
skor 20.
c. Jika peserta didik dapat menuliskan dua hal yang dapat
membatalkan tayamum, skor 10.
|
30
|
4.
|
a.
Jika peserta didik dapat menuliskan rukun tayamum dengan
sangat
lengkap dan sempurna, skor 30.
b.
Jika peserta didik dapat menuliskan rukun tayamum dengan
tidak lengkap, skor 20.
|
30
|
|
Jumlah
Skor
|
100
|
Nilai : Jumlah
Skor.
Yogyakarta, ……… 2015
Guru Pend. Agama Islam
(………………………………………….)
Lampiran 4 : Instrumen Penilaian (Aspek Ketrampilan)
Nama Siswa
|
:
|
………………………………………………
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / Ganjil
|
KompetensiDasar
|
:
|
4.8
Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
|
TeknikPenilaian
|
:
|
Performance
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
Praktik tayamum
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak lanjut
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
T
: Tuntas mencapai nilai .... ( disesuaikan dengan nilai KKM )
TT
: Tidak Tuntas jika nilai yang diperoleh kurang dari nilai KKM
R
: Remedial
P
: Pengayaan
Aspek yang
dinilai:
a. Niat tayamum
Skor 30.
1)
Jika
peserta didik bisa melafalkan bacaan niat tayamum dengan lancar dan tartil,
skor 30.
2)
Jika peserta didik bisa melafalkan bacaan
niat tayamum dengan lancar dan tidak
tartil, skor 20.
3)
Jika
peserta didik bisa melafalkan bacaan niat tayamum tidak lancar, skor 10.
b. Gerakan
tayamum Skor 20.
1)
Jika
peserta didik dapat melakukan gerakan tayamum dengan sempurna, skor 20.
2)
Jika peserta didik dapat melakukan gerakan
tayamum kurang sempurna, skor 10.
c.
Doa
sesudah tayamum Skor30.
1)
Jika
peserta didik bisa melafalkan bacaan doa sesudah tayamum dengan lancar dan
tartil, skor 30.
2)
Jika
peserta didik bisa melafalkan bacaan doa sesudah tayamum dengan lancar dan
tidak tartil, skor 20.
3)
Jika
peserta didik bisa melafalkan bacaan doa sesudah tayamum tidak lancar, skor 10.
d. Tertib Skor
20
1)
Jika
peserta didik melaksanakan praktik tayamum dengan tertib, skor 20.
2)
Jika
peserta didik melaksanakan praktik tayamum tidak tertib, skor 10.
Nilai = Skor a
+ Skor b + Skor c + Skor d
Nilai akhir yang diperoleh oleh peserta didik adalah sebagai berikut.
a. Jumlah skor nilai pada kolom praktik x 60%
b. Jumlah nilai uraian x 40%
Nilai akhir = nilai a + nilai b
Hotel Nearby in Norwich | MGM Grand Casino - West Virginia
BalasHapusFind MGM Grand Casino, Eastgate Hotel & 개집 왕 Casino, Westgate Tower งานออนไลน์ Casino, Westgate Resort, 슈어 벳 Westgate Tower Casino, Westgate 포커 고수 Resort, Westgate Tower Casino, Westgate 스피드 바카라